SELEMAT DATANG DI GADOGADOBLOG anggoroprapttys.blogspot.com TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA DAN SEMOGA BERMANFAAT

26 Okt 2012

BENDUNGAN ANCOL


ANCOL BLIGO YANG LEBIH KITA KENAL DENGAN '' BENDUNGAN ANCOL " merupakan bagian dari desa wisata Banjaroya, yang berada di kabupaten Kulon Progo. Nama Ancol mengingatkan kita akan tempat wisata yang mewah di Jakarta namun Ancol yang dimaksud saat ini ada satu kawasan di daerah Kulon progo yang merupakan sebuah dam atau hulu dari satu selokan sebagai sarana irigasi yang sangat terkenal di Yogyakarta yakni Selokan Mataram.


Lokasi ancol Bligo sendiri berada di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Selokan mataram dibangun pada masa penjajahan jepang yakni sekitar tahun 1942 hingga 1945. Dahulu selokan ini oleh jepang diberi nama kanal Yoshiro. Pada waktu itu banyak warga yogya yang akan dikirim jepang sebagai pekerja romusha ke luar jawa namun atas kesepakatan antara Jepang dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX maka warga yang akan dikirim keluar jawa tersebut dipekerjakan untuk membuat saluran irigasi tersebut. Saluran irigasi ini diperuntukkan bagi persawahan di Yogyakarta dan masih di pergunakan sampai saat ini. Aliran selokan mataram ini terjadi dengan mengalihkan sebagian aliran sungai progo ke dam yang dibuat tersebut. Selain mengaliri selokan mataram yang berhulu di Ancol bligo ini sungai progo mengalir hingga bermuara di Pantai selatan tepatnya disebelah baratpantai Pandansimo dan juga menjadi saluran untuk saluran Van der wijk yang dibangun pemerintah Belanda tahun 1914 untuk mengairi persawahan dan perkebunan di daerah moyudan, kabupaten Bantul yang dahulunya sebagai daerah industri gula.

Pada hari hari libu tempat ini dipenuhi pengunjung, mereka sangat tertarik dengan dam atau bendungan yang dibuat pada jaman jepang tersebut, Beberapa fasilitas di obyek wisata ini dapat dijumpai bebrapa warung makan dengan menu menu standart seperti bakso, mie ayam serta berbagai minuman.

Beberapa rute dapat dijangkau untuk menuju tempat ini :
Dari arah Magelang menuju Muntilan-Ngluwar _ Ancol Bligo 
Dari Kabupaten Sleman menuju Tempel –Sendangrejo – Ancol Bligo 
Dari Kota Yogyakarta menuju Jombor – Balangan –Sendangrejo – Ancol Bligo 
Dari Yogyakarta menuju Godean – gedongan – balangan – sendangrejo – Ancol Bligo

2 komentar:

  1. A N G G O R O P R A P T T Y S: Bendungan Ancol >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    A N G G O R O P R A P T T Y S: Bendungan Ancol >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    A N G G O R O P R A P T T Y S: Bendungan Ancol >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK NZ

    BalasHapus

POS KOMENTAR